Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

Memuat...

8 September 2012

Populasi Ternak Sapi Potong di Jatim Diprediksi Tembus 5 Juta Ekor

Surabaya - Jawa Timur terus berupaya menjadikan daerah swasembada sapi potong. Populasi ternak sapi potong di Jatim mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir. Dinas Peternakan Provinsi Jatim memprediksi, sapi potong selama 2012 populasi sebanyak 5 juta ekor.

"Sejak tahun 2009 populasi ternak sapi potong terus naik. Insya Allah tahun ini bisa menembus 5 juta ekor," kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jatim, Maskur, Minggu (9/9/2012).

Data yang dihimpun dari Disnak Jatim, populasi sapi potong pada tahun 2009 mencapai 3.558.902 ekor. Tahun selanjutnya sebanyak 3.745.453 ekor dan tahun 2011 sebanyak 4.727.298 ekor. Sedangkan pada tahun ini hingga Juli sudah mencapai 4.872.124 ekor.

Salah satu program untuk memperbanyak populasi ternak sapi potong yakni dengan cara percepat perkawinan. Untuk mani dari 1 ekor sapi bisa dikawinkan hingga 10.000 ekor sapi. Bahkan, bisa memilih hasil dari perkawinan sapi itu, apakah menginginkan sapi betina atau jantan dengan cara teknis khusus.

"Efektivitasnya sangat bagus. Potensi kelahirannya juga bagus, sekitar 80 persen," tuturnya.

Ia berharap, Jawa Timur swasembada sapi potong. Bahkan siap 'mengekspor' ke daerah lainnya di Indonesia seperti ke Jawa Barat, Banten hingga Jakarta atau memenuhi kebutuhan sapi potong secara nasional sekitar 34 persen

Hampir semua daerah di Jatim berpotensi untuk pengembangan sapi potong seperti, Tuban, Lamongan, Gresik, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang dan beberapa daerah lainnya.

"Populasi ternak sapi potong terbanyak di daerah Kabupaten Sumenep. Jumlahnya sekitar 296 ribu ekor, tak hanya terbanyak di Jawa Timur, tapi juga daerah terbanyak di Indonesia," jelasnya.

(roi/fat)