Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

22 November 2012

Kementan Pastikan belum Tambah Impor Sapi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian tidak akan menambah kuota impor daging sapi hingga akhir 2012. Pertimbangannya waktunya amat pendek. "Tambahan alokasi impor daging tidak mungkin dilakukan, waktunya sempit. Saat ini kuota daging impor untuk hotel, restoran, dan katering," kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan di Jakarta, Rabu (21/11).

Kebutuhan daging pada 2012, kata Rusman, ditetapkan sebanyak 484 ribu ton, dengan pasokan dari dalam negeri 399 ribu ton. "Untuk mengisi kekurangan pasokan, pemerintah melakukan impor daging 85 ribu ton, kemudian pemerintah menambah alokasi impor daging sapi sebanyak 7.000 ton, sehingga total impor daging sapi tahun ini 92 ribu ton," kata Rusman.

Impor daging sapi pada 2012, kata Rusman, mencapai 92 ribu ton dan dalam bentuk daging sapi beku. Kuota impor daging sapi pada 2011 mencapai 100 ribu ton, pada 2010 mencapai 120 ribu ton, tetapi tahun ini dipangkas menjadi 41 ribu ton.

"Lonjakan harga daging sapi bukan karena pemangkasan kuota impor, tetapi lebih pada persoalan infrastruktur logistik pengangkutan sapi dari sentra produksi ke daerah konsumen seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat, dan Banten," ujar Rusman.

Rusman mengatakan, saat ini proses pemotongan sapi di rumah potong hewan kembali normal. Kementerian Pertanian akan mengisi kekurangan pasokan daging dengan mendatangkan sapi dari Nusa Tenggara Barat.

 "Dalam jangka pendek, Kementerian Pertanian akan mendatangkan 5.000 ekor sapi dari Nusa Tenggara Barat ke Jakarta. Ini masih terkendala moda transportasi dan Indonesia tidak punya angkutan khusus ternak," katanya. (ant/DOR)