Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

20 Mei 2013

Sapi Potong yang Diberi Pakan Flaxseed Terbukti Lebih Menyehatkan

Jakarta - Selain baik dikonsumsi manusia, flaxseed yang mengandung asam lemak tak jenuh ini juga baik dikonsumsi oleh hewan ternak. Karenanya dinobatkan sebagai superfood untuk sapi potong. Selain menyehatkan, sapi potongpun tak perlu disuntik antibiotik.

Seorang profesor ilmu hewan di Kansas State University, ingin tahu apakah flaxseed baik dikonsumsi sapi potong. Untuk membuktikannya, iapun melakukan serangkaian percobaan selama 10 tahun. Hasilnya flaxseed yang umum dikonsumsi manusia juga bisa diberikan pada hewan ternak.

Dalam kurun waktu 5 bulan sebelum disembelih, sapi-sapinya terlihat lebih sehat. Sehingga tidak membutuhkan banyak suntikan antibiotik untuk mengurangi peradangan pada sapi. Flaxseed yang dikonsumsi sapi potong ini juga bersifat menguntungkan untuk konsumen, karena banyak mengandung omega-3.

“Kami tertarik untuk meningkatkan kesehatan hewan ternak, tapi kita juga bisa menambahkan kandungan nutrisi dalam daging seperti omega-3.” tutur Drouillard, seperti dikutip NPR (17/5/2013).

Iapun menambahkan bahwa kandungan omega-3 yang terdapat pada daging sapi lebih sering dicari para konsumen. Merekapun akan lebih memilih daging sapi dengan omega-3 dibandingkan dengan ikan salmon, tuna dan walnut.

Agricultural Research Service USDA, juga melakukan sebuah penelitian tentang manfaat konsumsi flaxseed pada sapi potong. “Ternyata kandungan omega-3 pada daging sapi ini membuat banyak orang meninggalkan salmon ataupun flaxseed dalam bentuk bijian utuh.” ujar Scoot Kronberg dari USDA.

Di awal tahun ini sebuah perusahaan sapi potong di Kansas telah meluncurkan produk daging sapi bernama GreatO yang mengandung 200-350 mg omega-3 per 113 gram daging sapi. Juga sebuah perusahaan di Osceola, yang menjual produk olahan daging sapi yang diberi pakan flexseed, berupa sosis dan dendeng.

Peter Woltz salah satu pemilih perusahaan sapi potong merasa diuntungkan dengan pemberian pakan ternak flaxseed ini. Semua sapi ternaknya dibesarkan secara alami tanpa diberi suntikan hormon, zat aditif atau antibiotik. Pemberian pakan ini lebih bertanggung jawab dan tidak membuat konsumen khawatir akan dampak negatif bagi kesehatan.

dikuti  dari :
Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood