Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

28 Agustus 2012

Boyolali Stop Potong Sapi Betina

BOYOLALI–Pemkab Boyolali terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak memotong sapi betina. Langkah ini dilakukan untuk menjamin kelangsungan reproduksi sapi di Boyolali. Hal ini seiring adanya aturan pembatasan impor sapi pada 2014.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali, Darsono mengatakan, cara ini untuk mengantisipasi adanya pembatasan sapi impor maksimal 30%. Menurutnya, pembatasan ini berdampak pada ketersedian daging sapi nasional yang harus bisa mencukupi kebutuhan sendiri.
“Jawa Tengah mempunyai peranan sangat penting sebagai pemasok daging sapi nasional. Salah satunya adalah Boyolali ini,” ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (28/8/2012).
Ia menjelaskan, Boyolali menyuplai kebutuhan daging sapi ke berbagai daerah terutama ke Jakarta. Pasalnya, Jawa Tengah termasuk Boyolali merupakan produsen sapi pedaging yang menjadi andalan di tingkat nasional. Lebih lanjut ia memaparkan, data populasi ternak sapi Boyolali semester pertama tahun 2012 yakni, populasi sapi potong sebanyak 97.856 ekor.
Sementara populasi sapi perah mencapai 86.997 ekor. Sedangkan pemotongan dan produksi sapi potong pada semester pertama 2012 mencapai 19.014 ekor (RPH Pemkab). Pemotongan di luar RPH mencapai 3.201 ekor. Jumlah ini menghasilkan sebannyak 4.883ton atau 200kg daging/hari. “Besarnya pemotongan hewan ternak ini tidak mengambil semua populasi sapi dari Boyolali. Sebagian hewan ternak yang dipotong berasal dari luar daerah,” paparnya.