Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

13 Agustus 2012

Peternakan UGM-Holcim Kerjasama Pertanian Terpadu dengan Bumi Peternakan Wahyu Utama


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Fakultas Peternakan UGM dan PT Holcim Indonesia Tbk bersama dengan Bank Syariah Mandiri serta Koperasi Peternakan Sapi Wahyu Mitra Utama sepakat menjalin kerjasama bidang pertanian terpadu berbasis usaha peternakan sapi di Tuban.
Kesepakatan kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama oleh Wakil Dekan Bidang Akedemik, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Peternakan UGM Dr Ir Adiarto MSc, Kepala PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bojonegoro Achmad Muhadjir, Manufacturing Director Holcim Indonesia Lilik Unggul Raharjo, dan Ketua Koperasi Peternakan Sapi Wahyu Mitra Utama Drs H Joko Utomo di Tuban.
Koordinator pelaksanan program kerjasama Fakultas Peternakan UGM-Holcim Prof Dr Ir Ali Agus DAA DEA menuturkan, kerjasama bertujuan untuk mengembangkan pertanian terpadu sebagai salah satu model pemberdayaan masyarakat secara komperehensif integrasi dan terpadu.
Dengan model tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan peternakan sapi di wilayah Tuban dan sekitarnya khususnya di kawasan pabrik semen Holcim. Disebutkan, dalam kerjasama itu Fakultas Peternakan UGM bertindak sebagai pendamping teknologi dan kemampuan manajemen, monitoring, dan pengawasan pelaksanaan program pertanian terpadu selama waktu yang disepakati semua pihak.
Sementara Bank Syariah Mandiri sebagai penyalur pembiayaan kepada peternak sapi melalui kemitraan dengan Holcim Indonesia dan Koperasi Peternakan Sapi Wahyu Mitra Utama. "Fakultas Peternakan melakukan pendampingan dan transfer teknologi tepat guna dalam rangka pengembangan model pertanian terpadu seperti ternak sapi, pakan ternak, itik, pertanian tanaman pangan, rumput, dan ikan," imbuhnya.
Di samping melakukan pendampingan dan transfer teknologi Fakultas Peternakan UGM juga akan melakukan monitoring dan pengawasan usaha peternakan sapi yang dikelola oleh peternak sapi. Selanjutnya memberikan laporan berkala mengenai perkembangan usaha sapi yang dikelola peternak sapi dan memberikan informasi mengenai usaha-usaha perbaikan yang harus dilakukan dalam program tersebut.
( Bambang Unjianto / CN26 / JBSM )