Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

12 Agustus 2012

Harga Stabil, Peternak Jual Sapi Buat Lebaran

TRIBUNNEWS.COM, PONOROGO - Ratusan petani dan peternak mulai membanjiri Pasar Hewan Jetis, Kabupaten Ponorogo sejak sepekan terakhir.

Sebagian petani dan peternak ini menjual hewan ternaknya berupa kambing dan sapi untuk persiapan biaya menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 143 Hijriyah. Selain itu, karena desakan pembayaran uang pelunasan sekolah memasuki tahun ajaran baru 2012 ini.

Beruntung, sampai saat ini harga hewan ternak terumata sapi dalam kondisi stabil yakni Rp 8 juta sampai Rp 9 juta per ekor. Kondisi ini jauh berbeda dibanding saat menjelang lebaran tahun lalu yang anjlok hingga Rp 5 juta per ekor. 


"Jika tahun lalu saat pertengahan puasa seperti ini harga sapi ukuran dan gemuknya sama hanyaRp 5 sampai 6 juta, sekarang harganya 8-9 juta. Sekarang harga masih bagus, petani dan peternak senang menjual sapinya," terang Tohari (50) pedagang sapi dari Kelurahan Kertosari, Kecamatan Ponorogo.

Selain itu, Tohari menjelaskan sejak awal pertengahan puasa dan kebetulan bersamaan dengan mulai tahun ajaran baru 2012 kondisi penjualan sapi ramai. 

Kondisi ini dilihat dari Pasar Hewan Jetis yang terus didatangi petani dan peternak yang hendak menjual hewan ternaknya. Rata-rata untuk kebutuhan lebaran dan kebutuhan membayar biaya anak masuk sekolah.  

"Sekarang banyak yang jual sapi. Petani butuh untuk lebaran dan biaya anaknya masuk sekolah dan kuliah. Jadi yang punya ternak sapi dijual. Kami membeli untuk penggemukan saja yang dipersiapkan untuk hari raya kurban mendatang," ungkapnya.

Salah seorang penjual sapi, Sakiran (45) warga Desa/Kecamatan Sawoo mengaku menjual seekor sapinya untuk keperluan lebaran yang sudah dekat dan biaya sekolah kedua anaknya yang menginjak masuk SMA dan SMP.

Menurutnya, harga sapi saat ini membuat petani dan peternak senang karena sapi masih dihargai. Kondisi ini berbanding terbalik dengan menjelang lebaran tahun 2011 lalu yang harga sapinya anjlok drastis. 

"Untung bulan ini harganya baik. Tahun lalu saya jual sapi hanya laku Rp 5 juta. Sekarang dalam ukuran sapi sama harganya masih bagus. 
Sapi saya ditawar Rp 7,7 juta dan saya minta Rp 8 juta pas. Uangnya separoh untuk lebaran dan sisanya untuk biaya sekolah anak," ucapnya.

Sementara Kepala Kantor UPT Pasar Hewan Jetis, Sunarno menegaskan harga sapi dan kambing sejak hari raya kurban Tahun 2011 lalu masih dalam kondisi stabil hingga saat ini. 

"Sekarang banyak petani dan peternak banyak yang menjual sapi, karena harganya baik, uangnya dibutuhkan untuk kebutuhan lebaran. Makanya pasar terus ramai sejak pagi hingga sore," tandasnya.