Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

11 September 2012

Sapi Betina Produktif Diluar Keluar Lampung

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- 
Pemerintah Provinsi Lampung melarang peternak untuk mengeluarkan sapi betina produktif dari wilayah Lampung, apalagi memotongnya. "Kebijakan kami mengatur bahwa sapi yang bisa dibawa keluar (untuk dipotong) adalah sapi-sapi jantan. Hal ini untuk mengantisipasi agar stok lumbung (sapi) tidak berkurang di Lampung," ujar Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung Arinal Junaidi, Senin (10/9/2012).
Ia mengatakan, Lampung adalah salah satu lumbung ternak, khususnya sapi, terbesar di Indonesia. Populasi sapi di Lampung saat ini mencapai 749.000 ekor. "Sebanyak 30 persen kebutuhan daging warga DKI (Jakarta) diambil dari pasokan sapi di Lampung. Stok sapi di Lampung juga untuk menutupi kebutuhan warga di daerah Sumatera lainnya," ujar dia.
Meskipun demikian, Lampung saat ini masih mengimpor banyak sapi, baik untuk bibit maupun bakalan. Impor ini terutama dilakukan oleh perusahaan-perusahaan penggemukan sapi (feedlot). Ada tujuhfeedlot di Lampung saat ini. "Ini (impor) dilakukan untuk mensubstitusi karena kelangkaan bibit lokal. Jika dibatasi dan dipersulit, Lampung akan kehilangan fungsi sebagai lumbung ternak," ujarnya.
Editor :
Marcus Suprihadi