Top dan Unik
Kantor Wahyu Utama Telepon. Email bumipeternakanwahyuutama@gmail.com .
HANYA MELAYANI MELALUI EMAIL
Selamat Datang
Jika kamu mau update berita selanjutnya ,kamu bisa berlangganan gratis blog ini silakan klik link
Bumi Peternakan !

Cari Artikel

11 Mei 2013

Gubernur Jawa Tengah Klaim Surplus Daging Sapi

Semarang - Pemerintah daerah Jawa Tengah mengklaim jumlah sapi potong di Jawa Tengah selalu surplus. Padahal pedagang menuding gejolak harga daging sapi selama ini karena kelangakaan sapi potong.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, hingga saat ini terdapat 2,2 juta ekor sapi potong di Jawa Tengah yang siap untuk memenuhi kebutuhan di Jawa Tengah dan wilayah lain di Indonesia.

"Pokoknya surplus kita. Saya tidak tahu kebutuhannya berapa. Posisi sekarang 2,2 juta ekor sapi. Dan kami siap untuk swasembada tahun 2014," kata Bibit kepada detikFinance di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/5/2013).

Ia menambahkan, dengan tercukupinya kebutuhan daging sapi di daerah setempat, masyarakat pun tak mempunyai persoalan dengan harga. Meskipun di atas harga normal, Bibit mengaku harga daging sapi di Jawa Tengah saat ini masih di bawah harga rata-rata di seluruh Indonesia yang mencapai Rp 90.000/Kg bahkan lebih. Di sini harga daging sapi per kg-nya Rp 85.000/kg," katanya.

Tak hanya daging sapi, Bibit pun mengungkapkan, Jawa Tengah juga surplus beras. Menurutnya dari 40 juta penduduk Jawa Tengah yang mengkonsumsi beras, terdapat 3 juta ton beras sisa yang dimiliki oleh para petani.

"Pemberdayaan air di Jateng (Jawa Tengah) efektif dan efisien, dilihat dari Jateng sekarang ini sudah mampu mewujudkan swasembada pangan yaitu beras. Kami 3 juta ton. Sisa di makan 40 juta masyarakat Jateng," katanya.

Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari sumber daya air yang baik dan melimpah. "Kita ini paling baik soal ketahanan pangan. Ini semua karena pemberdayaan air kita baik. Omong kosong semua kalau tidak ada air," tutupnya.



(zul/hen)